Batman Begins - Help Select http://img527.imageshack.us/img527/6543/image7go9.gif BELAJAR SAMBIL BERBAGI

Membuat Blog Tidak Bisa Dicopy Paste

Copy paste (copas) adalah musuh para blogger, setuju gak? Apalagi jika tidak menyantumkan sumber linknya. Rasanya sakit hati atau marah bisa terjadi karena tulisan yang kita posting dicopas oleh blogger lain dan juga diposting di blognya. Pastinya akan kesal ketika karya kita dicopy paste tanpa izin.

Blogger sangat dekat dengan tulisan. Ide itu tertuang dalam kumpulan kalimat. Lalu setelah diposting di blognya akan menjadi konsumsi orang banyak. Memang semua zaman sekarang ini setiap orang bisa membuat konten. Tapi pengakuan terhadap hasil karya orang masih begitu rendah. Masih banyak pelaku copy paste.

Tulisan hasil copy paste yang sama persis sebenarnya akan merugikan blognya sendiri. Blog yang berisi postingan-postingan copas akan membuat blognya tidak bersahabat dengan google search engine. Selain itu juga akan mendapat predikat yang tidak baik dari blogger lain.

Dulu di Belajar Ngeblog di Blog pernah dibahas salah satu cara mencegah copy paste, yaitu dengan membuat klik kanan tidak berfungsi. Tetapi masih saja bisa, karena tulisan masih bisa diblock dan dicopy dengan Ctrl+C. Nah, sekarang akan kita buat lebih tidak bisa melakukan copy paste (copas) yaitu dengan men-disable text selection. Disable tet selection adalah membuat pengunjung blog kita tidak memblock tulisan, akhirnya tidak bisa meng-copy.

Cara Membuat Blog Tidak Bisa Dicopy Paste
1. Login ke Blogger.
2. Di halaman Dasbor, kita pilih Rancangan.
3. Kemudian pilih Edit HTML
4. Beri tanda centang pada Expand Template Widget
5. Taruh kode berikut di atas kode </head>


<script type="text/javascript"> function disableSelection(target){
if (typeof target.onselectstart!="undefined") //IE route
    target.onselectstart=function(){return false}
else if (typeof target.style.MozUserSelect!="undefined") //Firefox route
    target.style.MozUserSelect="none"
else //All other route (ie: Opera)
    target.onmousedown=function(){return false}
target.style.cursor = "default"
}
</script>

6. Lalu taruh kode berikut di bawah kode </head>

<script type="text/javascript"> disableSelection(document.body) //disable text selection on entire body of page </script>

7. Simpan Template jika sudah selesai.

Saya tidak menerapkan dua cara itu, yaitu tidak bisa klik kanan dan tidak bisa memblock tulisan di blog ini. Karena kalau saya gunakan jadi nggak bisa dipraktekan (diambil) scriptnya. Kalau benar-benar niat membuat blogmu tidak bisa dicopas, gunakan saja semuanya ;)
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: