Batman Begins - Help Select http://img527.imageshack.us/img527/6543/image7go9.gif BELAJAR SAMBIL BERBAGI

Penyebab Kerusakan Pada PC dan Cara Mengatasinya

Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kerusakan yang mungkin saja terjadi pada setiap user komputer, termasuk milik anda. Kali ini kami akan berbagi tentang apa saja yang menjadi penyebab kerusakan pada sebuah PC yang mungkin bisa meenjadi panduan buat anda agar bisa memberikan perawatan ekstra agar komputer tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Berikut ini beberapa Penyebab Kerusakan Pada PC diantaranya :
1. Debu

Mungkin saja debu yang berada diluar tidak terlalu berpengaruh terhadap PC, namun jika debu tersebut menempel pada Peripheral atau Motherboard maka akan menyebabkan kerusakan pada pc karena dengan banyaknya debu yang menempel akan membauat Motherbaoard akan cepat panas dan lama kelamaan akan cepat rusak. 

2. Terlalu Panas 
Semua Peralatan elektronik menghasilkan panas termasuk juga PC maka harus diredam agar fungsi sistem tidak terganggu dan menyebabkan beberapa komponen komponen PC tersebut cepat rusak. Termasuk juga Processor dan RAM, bila komponen tersebut rusak, maka kemungkinan besar kinerja dari sistem komputernya akan melambat dan terganggu. Tidak hanya itu, kemungkinan usia pakai piranti ini juga tidak akan lama bila terus menerus dibiarkan.
3. Medan Elektromagnetik
Medan Elektromagnetik  disini adalah komponen terkait seperti  kabel, transformator, besi magnet, speaker, dll yang berhubungan langsung dengan PC. Barang-barang tersebut harus dijauhkan dari PC anda untuk menghindari terganggunya kinerja hardisk dan fungsi piranti lain yang juga  memiliki magnet didalam komponenya.
4. Daya listrik yang tidak stabil
Adanya Gangguan Listrik yang tidak stabil, seperti fluktuasi tegangan, pemadaman listrik secara mendadak, serta noise akan mengakibatkan power dari PC anda mengalami down karena input arus yang naik turun.
5. Ruang Hardisk Full
Ruang hardisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses writa / raad sehingga beban kerjanya PC akan lebih berat.

Cara Megatasinya diantaranya :
1. bersihkan Motherboard dan Periperal lain ( Hardware) dari debu secara berkala dengan meggunakan sikat atau kuas halus setidaknya dua bulan sekali. Cara ini harus dilakukan dengan hati - hati dan teliti agar tidak merusak periperal lain.
2. Panas yang berlebihan pada prosesor dan memori akan menyebabkan fungsi sistem menjadi terganggu dan mengurangi kinerja PC 
Cara sederhana untuk menghindari panas adalah :
a. Hindari sinar matahari langsung.
b. Berikan ruang sirkulasi udara yang cukup dalam meletakan komputer dan periperal lainya.
c. Bila memungkinkan gunakan AC
3.  Langkah bijaksana yang dapat dilakukan untuk menghindari kerusakan tersebut dengan:
a. jauhkan atau beri jarak antara barang elektronik yang satu dengan lainya.
b. jauhkan trafo penstabil tegangan dari komputer, periperal dan penyimpan data.
4. Salah satu penyebab PC anda menjadi Hang dikarenakan Fluktuasi yang berlebihan atau terlalu tinggi sehingga mengakibatkan terganggunya kinerja semikonduktor komputer anda. Berikut ini beberap diantara tips untuk mencegah kerusakan
a. Stop Kontak Listrik harus terjaga dengan baik 
b. Gunakan stabilizer
c. jika memungkinkan gunakan Genset (Generator Set)
d. gunakan UPS
5. Uninstal Program yang tidak diperlukan, bersihkan Recycle Bin secara rutin, dan lakukan Defragment. Melakukan defragmen dengan cara : Star -All Program - accessories - system tool-disk defrag.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: