Batman Begins - Help Select http://img527.imageshack.us/img527/6543/image7go9.gif BELAJAR SAMBIL BERBAGI

Cara membagi hardisk menjadi beberapa bagian atau partisi

Cara membuat partisi D di hardisk atau cara membuat partisi  baru di hardisk sangat mudah, banyak aplikasi yang dikembangkan untuk keperluan manajemen hardisk seperti ini. Salah satunya yang saya gunakan adalah easus partition Manager Versi Home Edition saat posting ini dibuat aplikasi tersebut masih bersifat freeware bagi anda yang membutuhkan sebagai koleksi atau ingin mencobanya silahkan download dari situs resminya (link download ada di akhir posting). Pengunaanya sangat mudah dengan GUI yang user friendly, awal saya mencobanya langsung berhasil. Berikut Posting Lengkapnya.

Akhirnya... setelah sekian lama impian untuk memiliki komputer jinjing kesampaian juga, walaupun hanya netbook, lumayanlah buat mejeng dikampus (biar kaya orang2). karena terbiasa menggunakan komputer meja, agak keder ketika awal mengoperasikannya, maklum terbiasa menggunakan mouse dan “papan kunci” yang luas, sekarang beralih ke touchpad dan keyboard yang hanya berukuran 25cm.

Hari-hari pertama dihabiskan untuk meng-install aplikasi2 yang dibutuhkan, sebagai seseorang yang bercita-cita menjadi web programmer, dreamweaver harus “ada” dan beberapa aplikasi pendukung web programing lainya. Tapi karena keterbatasan netbook yang tidak dilengkapi dengan cd room, setiap program aplikasi dipindahkan dulu ke flashdisk untuk kemudian diinstal.

Terasa janggal ketika menemukan hardisk yang hanya satu partisi, dari pengalaman juga beberapa referensi sebaiknya dipisah antara system dan data (dibuat 2 partisi atau lebih) dengan tujuan mengantisipasi sewaktu-waktu sistem rusak, data bisa diselamatkan ketika langkah terakhir harus diformat ulang, hal ini (hardisk dengan satu partisi) saya temui pada netbook acer AO532h yang baru saya pegang.

Sebetulnya sudah lama saya mengetahui cara merubah / membuat partisi pada hardisk dengan OS-XP sudah diinstall menggunakan partition magic, tapi hanya sebatas teori. Terlalu riskan dipraktekan pada komputer yang tidak dibackup UPS, khawatir mati lampu ditengah proses berlangsung. Sekarang saya berkesempatan mencobanya, netbook dengan batre 6 cell, mati lampu bukan masalah.

EPM(Easus Partition Magic) Home Edition, salah satu aplikasi selain Partition Magic untuk manajemen hardisk. Aplikasi ini freeware, bisa di download gratis dari situs resminya. Sangat mudah digunakan, saya sendiri pertama kali mencoba langsung berhasil membagi partisi hardisk. Berikut langkahnya :

Pertama tentu jalankan EPM yang sebelumnya sudah diinstall,


cara membuat partisi baru hardisk

Pada jendela utama EPM tampak ukuran masing-masing partisi (gambar ini diambil setelah saya membuat partisi baru D:\). Klik kanan pada partisi yang ingin dibagi, pilih Resize/Move tujuannya mengecilkan terlebih dahulu partisi existing untuk menciptakan unallocated space yang kemudian dibuat partisi baru pada unallocated space tersebut.

cara membagi hardisk

Contoh kasus jika anda ingin menambah partisi baru (partisi e) dengan kondisi diatas (sudah ada partisi c dan d). pertama-tama resize terlebih dahulu partisi yang ada (bisa c atau d bisa juga keduanya). Hasil dari proses resize tersebut muncul unallocated space. Klik pada unallocated space tersebut lalu klik create pada toolbar.

Pada Resize/Move box dialog, terdapat 3 input-an dalam satuan MB,
1. Unallocated space before
2. Partition Size
3. Unallocated space after

mempartisi hardisk

Kalau saya tidak salah mengartikan, unallocated space before artinya space/ruang kosong sebelum partisi yang akan dibuat. Contoh sebuah hardisk dengan single partisi c:\ akan dibagi dua dengan membuat partisi baru d:\ tapi diantara keduanya terdapat space kosong(jeda), maka input unalllocated space before ini harus diisi. Begitu juga dengan unallocated space after, bedanya ruang kosong setelah partisi yang akan dibuat, sedangkan partition size adalah ukuran partisi yang diinginkan. Klik OK, terlihat preview hasil perubahan he2... belum selesai sampai disini klik apply change di pojok kiri bawah jendela untuk mengaplikasikanya. Sesaat kemudian komputer restart lalu memulai proses.

Demikian posting Cara Mempartisi hardisk Komputer. Kesimpulanya ada 2 tahapan proses yang saya jalani untuk membagi partisi, pertama me-resize partisi existing dalam kasus ini partisi c:\ diperkecil lalu men-create partisi baru d:\ pada unallocated space yang terbentuk, setting resize dan create bisa dilakukan sekaligus sebelum proses berlangsung(komputer direstart).

Download EPM :
Free Download Magic Partition Manager Freeware
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: